Perjalanan melelahkan

Marhaban yaa RAMADHAAAN…

Alhamdulillah sudah masuk bulan Ramadhan, ini tahun ke2 mas Rafiq ikutan shaum, tahun lalu alhamdulillah 1/2 bulan ikutan full puasa, tahun ini mas Rafiq umur 6,5 tahun moga2 lebih baik baik dan lebih kuat dari tahun lalu.

Menjelang Ramadhan kemaren 3R di ajak ibu buat pergi ke rumah nenek di Tanah abang, rencananya biar bisa sahur pertama barengan sm ayah n Nenek.

Pagi2 ibu nyelesein dulu pesenan permak baju. Sekitar jam 12 an kurang baru kita berangkat dari rumah ber4 naik motor sampai pol bis.

Ini kali ke 2 bue pergi ber4 sama 3R naik bis tanpa pae. Seperti yang sebelumnya sebelum ke pol bue ngajakin anak2 ke warung dulu  beli bekel buat di bis. Abis jajan diwarung lgsg cus lagi ke pol.

Sampai di pol bisnya alhamdulillah udah ada, begitu naik eeh ternyata masih sepiii pisan.. cuma ada beberapa orang. Mas Rafiq milih duduk agak ditengah.. langsung duduk ambil yang 3 kursi.

Sambil nunggu bue keluarin bekel nasi yg udah disiapin di rumah, anak2 malah langsung pada sibuk bukain jajanan.. jadinya ngemil bari disuapan nasi heuheu. Bisnya sendiri baru berangkat pas bekel mau abis, dengan penumpang seadanya.

Bayar 3 kursi tp Saking sepinya 3R bisa uclag aclug pindah pindah duduk, malah epa sempet2nya maenan sm Rafiq bari lari di bis #tepokJidat. Raihan tiduran epa juga. 


Awal masuk tol alhamdulillah lancar jalanan mayan sepi, tp g berapa lama eh ketemu macet.. padet, alhamdulillah supir bisnya fleksibel yg biasanya lewat jati bening kemaren bisnya ngelewat jalur lain, nyari jalur yg sepi jadinya g lama lama kejebak macetnya. 

Sekitar jam 2an udah mau masuk tanah abang, kondisi di bis 2 anak lagi tidur, alhamdulillah untungnya Rafiq mah g tidur. Raihan dibangunin sempet rewel, mau tiduuur katanya ngantuk.. lah piye? Akhirnya dipaksain buka mata biar pas turun jalan sendiri.

Belum sampai blok F malah diminta turun sama kondekturnya “tanah abang abis buu.. kita mau ke kanan, ibu turun disini ajah” heuheu kondisi bisa di tengah jalan banyak mobil pulak. Akhirnya sambil gendong tas gede dibelakang, gendong Reva yg masih bobo,kita turun juga sambil sesekali teriak.  Stop mas Rafiq, hati hati mas, awas mobil mas.. hehe. Alhamdulillah g berapa lama nenek nyamperin, ternyata Nenek udah ngeliatin dari td pas kita turun dari bis, jadinya pas nyebrang 2 anak cowo dipegangin nenek.

Bue pikir mau langsung cus ke rusun Tanah abang, tapi ternyata diajak ke toko dulu sm Nenek, jadilah kita ber 5 menembus kerumunan pedagang dan pembeli yang ternyata tetep banyak aja menjelang ramadhan teh.

Sampai toko ayah, istirahat bentar karena gendong reva bari ngagembol tas berisi baju ganti 5 orang ituu peugeeel sodarah -_-“. Bue ikut solat duhur dulu sebelum pergi lagi ke rusun.

Ga berapa lama abis solat, bue lagi liat2 mukena di toko ayah eh nenek sm ayah dapet kabar duka, ada sanak sekeluarga meninggal dunia, jadilah Nenek sama Ayah mendadak musti ke Bandung ngelayat. 

Mulai galau dah bue, sepanjang perjalanan dari tanah abang ke rusun mikir ini nunggu di rumah nenek apa balik lg ke rumah? Btw, daru tanah abang ke rusun ternyata diajak jalan kaki sama ayah melalui jalan2 tikus, 3 bocah jalan dengan semangat.. apalagi epa jalan sendiri g mau dipegangin udah gitu sambil lari2 kecil dan ketawa sedangkan buenya mah udah hah heh hoh bari sakit pundak bawa gembolan.. heuheu.

Sampai rumah nenek, nungguin Nenek sama ayah siap2 buenya juga solat ashar. Dan akhirnya mutusin buat balik lagi aja, heuheu makin kuat karena kata nenek skrg listriknya suka turun, jd suka tiba2 mati listriknya.. dueeeng.. bue g tau juga pae kapan baliknya, pengalaman tinggal dirusun dulu klo mati lampu musti turun ke bawah buat ngidupin lagi dan rumah nenek di lantai 3 malem2 mati lampuu kumahaa?? Belum lagi ada anak yg ditinggal dikit ibunya mewek, belum lagi anak2 yg g bisa liat ibunya keluar musti pd ikut keluar aaah rempong.. mari pulang ajaah hruheu.

Rafiq sama Raihan protes, kok balik lagiiij.. katanya mau nginep di rumah nenek. Dikasih tau neneknya mau ke Bandung eh Rafiq bilang “waaah Rafiq kan emang pengen ke Bandung”, hehe nanti ya maaas ke Bandungnya insyaAllah.

Nah abis mutusin ke Bandung muncul lagi masalahnya pulangnya gimana? Bisa nebeng ayah sih tpi klo dianterin sampai rumah kasian nambah lama ke Bandungnya. Sementara bawaan yg asalnya cuma 3 bocah plus 1 tas gendong gede n 1 tas selendang sekarang pas mau balik bertambah 2 kresek gede heuheu padahal cuma mampir bentar aja lgsg beranak bawaannya hahaha tp begitulah klo berkunjung ke rumah nenek hehehe.

Telpon ummi, ternyata masih di kantor jadinya janjian sm ummi, bue dan anak2 di drop di kantor ummi trrus pulang bareng ummi ke jta.

Rencana begitu tapi ternyata prakteknya sulit, karena begitu keluar rusun lgsg ketemu macet, bisa lama banget nyampe ke kampus ummi.  Terus telpon lagi ummi, ketemu di jati bening ajah. Buenya udah makin lowbat tp 3R malah masih full batere secara mobil ayah luas, klo pas dibis alhamdulillah anteng karena pada tidur, di mobil ayah malah pada maceuh maen2an.. mana macet pulak #sabaaRSabaaar.

Salah ambil jalan masuk tol, jadinya kejebak macet mayan lama, dan jadinya batal janjian sm ummi di jati bening karena ummi udah nyampe duluan sedang kita masih kejebak macet di depan pintu tol. Rafiq sama Reva udah rewel minta makan.. lapaaar katanya. Eh alhamdulillah di pinggir jalan  menuju pintu tol ada yg jual bakpao. 

Ada yg lucu pas beli bakpao ini

Bue : berapa pak bakpaonya?

Penjual : 7000 bu..

Ayah : beli 5 pak (nyodorin duit 10rebu)

Bue : (heran minta 5 kok ngasih 10rb, apa bue salah denger harganha?perut lapar dan cape bikin g konsen), 1 nya berapaan pak?

Penjual : 7000 bu, (masih sambil dengan senyuman sigap bungkusin 5 bakpao)

Bue : (ini si bapak dikasih duit cuma 10 anteng aja lgsg bungkusin pdhl dah liat duitnya cuma 10rb).. ayaaah 1 nya 7000 koo ngasih duit 10rb

Ayah : eeh 7000? Emang td ayah ngasih uang berapa?

Bue : 10 rebu

Ayah : dikira 2000an ayah minta 5 .. pak 4 ajaah

Penjual : oh 4 aja pak.. iya..(nyodorin bakpao masih pake senyum)

Ayah nyodorin lagi uang kurangnya.. heuheu untung lg macet.. 

Alhamdulillah setelah masuk tol perjalanan mulai lancar. Menjelang Jta mulai macet lagi, di mobil ada yg sibuk nyanyi sm joget2 pdhl sebeluknya ngantuk disuruh nyanyi eh lgsg semangat mulai lagi lagu aku anak sholehah, pelangi2 yg kemudian mixing sm lagu hujan terus masuk ke lagu binatang teu puguh ciptaan Reva.

Nyampe jta, kita di drop di mcD, ayah sama Nenek nerusin perjalanan ke Bandung. anak2 cowo ikut pak Endon (bapak yg biasa antar jemput Rafiq waktu masih di rumah lama). Ibu sama Reva naik jalan dulu ke tempat penitipan motor. Ketemu lagi sm Rafiq Raihan pas menuju rumah ummi buat ngasihin titipan nenek.

Nyampe rumah ummi nebeng mandi2, makan malam dan bue nebeng solat dulu sambil nunggu pae jemput. Sekitar jam 9.30an malem baru kita sampai dirumah, anak2 langsung pd masuk kamar dan tiduuuur. 

What a long day, puputeran jta- tanah abang-jta lagi.. dan akhirnya rencana bue buat sahur petama bareng2 guagaaal.. tapi waktu ditanya gimana hari ini? Senaaang.. hruheu buat anak2 mah yg penting jalan jalan keluar naik mobil nak motor aja udah seneng, apalagi bisa ketemu nenek, ayah, abang qq, fariq, ummi nambah seneng. Raihan malah g mau pulang pas udah maen sm Fariq. Biar capek juga tp teteuuup ajah mereka mah seneeeng. Alhamdulillahnya pd kuat dan subuhnya pd ikutan Sahur.. kecuali Epa :).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s