ANOTHER SUNAAAT

image

Iyesss… kali ini giliran Mas Raihan yg disunat, awalnya duluuuuu pernah janjian sama mama mau nyunatin anak bareng. Lalu pas awal bulan ini mama bilang klo insyaAllah Hamzah mau disunat pas long wiken, langsung deh bue promosi sama Raihan, “haaan sunat juga yuuk”. Hehe biar klo barengan mungkin lebih semangat dan ada temen seperjuangannya.

Pertama Raihan bilang “ga mau”, ga mau dipotong ceunah tititnya. Trus, ada juga jawab, sakit aah bari ngempit itu tititnya pake kaki. Pokoknya pas awal awal di sounding pasti nolak.

Mendekati hari H mulai makin disounding klo kata Allah anak sholeh harus disunat, biar bersih, g dipotong tititnya cuma kulitnya dibuang dikit. Sambil dikasih liat juga brosur jamannya mas Rafiq dulu. Sampai di tawarin, klo mau sunat ntar kayak mas Rafiq abis sunatan makan ke pizza, sampai tawaran yg paling menggiurkan buat Raihan yaitu diajak ke kebun binatang taman safari hihi, diimingi bisa ngasih makan binatang langsung deal dah :D.

Tibalah hari H, pagi pagi udah heboh ngajakin keluar “ibuuu ayooo katanya mau sunat”, sementara jadwal sunat jam 13.30. Oh iya Raihan sunatan di tempat yg sama dengan mas Rafiq, di rumah sunat :).

Siangnya abis ikut jumatan sama bapak raihan sempet asyik lari larian di luar sambil hujan hujanan dulu, pake jas hujan tapi tetep itu baju basah sebadan badan -_-“.

Puas hujan2an baru siap siap buat pergi. Makan siang di mobil, Raihan masih super semangat. Di wawancara sama ibu, gimana siap mau di sunat?  Siap kata Raihan sambil senyam senyum. Ga bakal nangis? Engga. Kuat? Iya? Jagoan? Iyaa.

Nyampe TKP pas barengan juga sama ayah dan the hadiyan, plus abang qq. Sambil nunggu mereka seperti biasa para bocah lanang sibuk maen di tempat nunggu. Yg mau disunat juga masih pada heboh ikutan maen, secaraaa klo para anak cowo itu ketemu entah dimana lokasinya maennya teteup sama -_-“.

Tibalah giliran Raihan disunat, sempet dianterin sama para cowo lulusan rumah sunat (abang qq, abang alif dan mas Rafiq), nyampe kamar Raihan masih tenang biasa aja. Ngomentari gambar didinding. Pas giliran dokter masuk masih keukeuh liatin gambar di dinding. Pas disuruh baringan eh bocahnya berdiri lagi nunjukkin gambar di dinding, bue pikir kayaknya mas Raihan udah mulai tegang :D.

Lalu dikasih pinjamlah tab buat maenan, Raihan mulai anteng maen sama bapak. Pas mulai di injeksi obat biusnya wooooh lansung teriak .. “sakiiit”, tangannya beberapa kali mau ngejauhin tangan dokternya. Pak dokternya bilang “ini ada semut semut mau di bersihin dulu semutnya,”. Setelah obat biusnya mulai bekerja raihan kembali anteng maenan sama bapak, ganti giliran ibu yg cenat cenut liat anaknya di sunat #tutupMata.

image

Selse sunat Raihan masih cengar cengir, iyalah belum kerasa. Malah pas ibu lagi bayar eh Raihan malah turun sendiri trus naik lagi. Masih g mau diem kayak biasa.

Lalu beberapa saat kemudiaaaan….
Jeng jeng.. mulai kerasa sakit. Sebelumnya udah dikasih tau sama bapak, ntar tititnya bakalan sakit. Teringat sama yg dibilang pak dokter ibu nambahin, inget semut semut yg dibilabg dokter tadi? Semutnya balik lagi. Hahaha dan abis itu dimulailah episode Raihan marah sama semut, maaf ya semut.

“Semut nakaaaal”
“Semut jahaaat iih”
“Titit raihan sakit semuuut”
Sambil.marah marah sambil liatin celananya hihi kita yg liatin pada nyengir :D.

Jadi tiap kerasa sakitnya Raihan bakal marah marah, bahkan waktu pas lagi dtraktir Ayah makan di pizza, Pake balon yg ditangan Raihan sampe kayak mau ngajak berantem si semut mau dipukul pake balon :)). Padahal udah dijelasin juga bukan kok bukan semut tapi karena obat biusnya udah hilang jadi ya sakit :).

Sampai dirumah, standarnya anak lanang lah yah, mulai dari abang qq mpe Rafiq asal dikasih yg dia doyan itu sakit g berasa, jd diajaklah ke atas buat nonton amanlah bisa ilang sejenak rewel rewelnya, tp klo boleh dibandingkan sama jamannya mas Rafiq, sesuai karakternya klo mas Rafiq rada suka di pendem Raihan lebih bersuara alias lebih heboh,begitu kerasa langsung muncul rewelnya.

Pas mau tidur juga sama, bue jd teringat jaman perjuangan tiap melahirkan hihi karena sampai g bisa tidur kerasa dikit kebangun lalu meringia, Raihan juga sama sampai bue g tau deh udah jam berapa Raihan masih nnagis2 sakit sementara bue berusaha nenangin dengan mata yg udah teler  (karena keasyikan jahit jd lupa bobo -_-“).

Besok2nya mas Raihan rewel tiap mau pipis, ternyata karena ada fimosisnya pas bagian kepalanya, jadi iritasi dan emang bikin sakit. Jd pas disunat emang diliatin sama dokternya ada penempelan, jadinya setelah disunat bagian kepalanya ada putih2 itu yg bikin sakit klo kena air, jd mayan tiap abis pipis suka ada adegan drama tangis2an dan nolak pake obat tapi da atuh gimana harus diobatin.

Perawatan pasca sunat,
Semprot bagian yg disunat pake nacl, bagiian dalem dan luarnya, trus keringkan pake cotton bud, trus tetesin obat sunat 2x bagian dalam dan masing2 1 kali bagian luar kanan kiri.
Berhubung pae dirumah alias long wiken jadilah yg bagian jd suster Raihan pae hehe, bue turun tangan as pae kerja aja :D.

Jumat di sunat, dan hari Senin bagian pembukaan klamp. Bue yang kebagian nganterin Raihan sendirian karena pae ada kerjaan.
Sebelum berangkat Raihan harus berendam dulu 30 menitan, tp jadinya cuma sekitar 20 menitan, berhubung ada drama “ga mau ibuuu.. sakiiit”, jerat jerit dlsb lah, sampai akhirnya ibu jorokin Raihan yg masih keukeuh mau berendem, pas diliatin klo tititnya udah masuk air eh ternyata kata Raihan “eh ga sakit bu”, :p. Eh bis itu pas giliran disuruh udahan malah g mau :p.

Nyampe rumah sunat, sempet nunggu dokternya, bue tanya Mas bakalan nangis engga? Nangis  kata raihan, hehe daripada menjual harapan palsu ya udah dari awal bue udah bilangin bakalan sakit. Tp yang kuat ya, da harus dibuka. Raihan cuma iya iya aja sambil nanya2 mana dokternya.

Begitu dokter datang mulai muncul agak takut sakitnya, tp Raihan baru mulai nangis pas dokter mulai pegang buat buka klampnya ,dan jreng jreeeeng. Tangisannya pecaaah, plus berontaknya kuat bener mpe ibu agak riweuh meganginnya. Hoho ya atuh gimana da emang sakit, jd cuma bisa minta raihan meluk ibu aja.

Tangisan Raihan g brenti sampai turun ke bawah, hehe jadi tutorial perawatan pasca sunatpun di latar belakangi tangisan Raihan, untungnya udah pernah ngalamin jd ibu cm iya iya aja.

Pas udah nyampe bawah, kita istirahat dulu sambil nunggu Raihan kuat dan mau buat naik motor, hehe mulai diiming imingi beli es krim, dipinjemin hp ibu, janji dibolehin maen tab hari itu (biasanya jadwal tab sabtu minggu aja), sampai ibu beliin teh botol dingin buat nyuap Raihan biar mau pulang hehe soalnya udah waktunya jemput mas Rafiq. Alhamdulillah setelah 15 menit Raihan mau juga pulang, sempet rewel sakit, trus begitu motor jalan udah deh. Biasa lagi malah sempet protes gegara ibu bawa lewat jalur yg g biasa :).

Gimana Raihan pas perawatan pasca buka klamp?

Perawatan pasca buka klamp cuma nutupin bagian yg disunat pake perban yg dikasih betadine. Naaah mulailah drama episode g mau dipakein obatnya, tiap mau dipakein itu tangan sama kaki Raihan harus dipegangin, karena anaknya teguh pendirian g mau diobatin tp da misti diobatin kan yah, di bujuk bujuk juga keukeuh g mau.

Ketendang mas Rafiq
Iyes, kejadian sore sore sepeti biasa anak anak maen diluar, menurit saksi mata sih awalnya maen2 trus Rafiq Raihan tendang tendangan daaan.. mas Rafiq nendang Raihan keras dibagian titinya, nangis kejerlah Raijhannya -_-“, diminta buka celananya buat diperiksa g mau malah makin nangis keukeuh gpp cuka sakit g berdarah dan pengen maen lagi. Pas bue nyidang mas Rafiq, eh anaknya udah lari lagi keluar maen sepeda -_-“.

Ketauannya pas udah mau tidur, mau pipis baru keliatan deh celana dalamnya banyak darah :”(. Tp g sampe nembus celana luarnya. Berharapnya gpp moga moga gpp insyaAllah moga moga gpp aamiin.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s