Potty Training

Hari kedua potty training Rafiq, alhamdulillah bue masih semangat meski rekornya masih kayak kemarin yaitu 1x berhasil pipis di kamar mandi, lainnya? hehe bocor deh :).

Jadi ceritanya sejak kemaren, saat usia Rafiq 1 tahun 22 hari bue meniatkan untuk mulai menjalankan potty training buat Rafiq, yang biasanya Rafiq berclodi ria sepanjang hari kali ini tukar dengan celana dalam biasa + celana lampinya (tetap demi menjaga kesucian rumah biar g war wer wor air pipis di mana2 🙂 ).

Mayoritas warna ijo ma biru hehe berhubung ibunya doyan ijo 😀

Oke cerita dulu sekilas tentang clodi yah, sejak umur sebulan Rafiq udah mulai dipakein clodi, dengan pertimbangan untuk kesehatan dan faktor ekonomis juga. Meski di awalnya mahal tapi di ujungnya2 penggunaan clodi lebih murah di banding kan klo diaper (meski tetep yang paling murah klo pake celana biasa di rumah hehe cuma sayang bue mu ini pengennya yg praktis aje sayang :* ). Jadi kemana-kemana rafiq selalu berclodi, dan bue selalu bawa plastik berisi clodi bau pesing klo pulang dari mana2 xixixi. Yang paling seru adalah waktu perjalanan jakarta-malang .. asli berclodi sampe sempet ikut nyuci clodi di mesjid dan jemur clodi di mobil :D. tapi begitu Rafiq mulai makan macem-macem bau pesing pipis Rafiq menjadi-jadi, akhirnya klo keluar untuk jangka waktu lama bue makein diaper buat Rafiq demi kenyaman hidung kita semua :D.

Secara clodi adalah diaper reusable yang bisa dicuci pakai jadinya ntar klo Rafiq punya dede lagi IA masih bisa di pakai beda kan kalo kita pake diapers ;), begitu dipake langsung di buang belum lagi efek sampingnya. Sampai saat ini clodi yang Rafiq punya ada 12 biji, 4 biji turunan dari mas Royyan dulu, dan ada beberapa merupakan hadiah. Namanya juga cuci pake cuci pake alhasil performanya ada yg menurun juga hehe tapi untungnya masih bisa di remajakan. Klo soal daya serap bisa di stripping, klo soal karet or vlecronya masih bisa diganti, kemaren juga sempet ada yang melalui proses peremajaan sie clodinya :).

oke back to topic, Hari pertama potty training kebiasaan Rafiq buat pup begitu bangun pagi ternyata kelewat sama bue efek pas Rafiq bangun bue lagi nyuci di dapur. jadinya g sempet belajar pup di pottynya. Siang sempet keliatan pengen pup tapi begitu di aja buat pup di toilet duduk di pottynya Rafiq berontak hiks.. g maueun :(. beberapa kali di ajak ke toilet per 1 jam juga malah kecele, pas di ajak ke toilet eh g pipis g lama kemudian abis di pakein celana eh pipis ;D. Tapi begitu giliran pipis di toilet senengnya bue .. dan sedikit lucu soale bentuk *maaf*” burung” Rafiq membuat arah pipisnya pasti kena kakinya alias miring ke kanan, jadi otomatis tiap belajar pipis di toilet musti buka celana semuanya :D.

Mungkin karena hal itu juga yah, setelah beberapa kali bolak balik ke toilet rafiq mulai kesel dan emoh di bawa ke wc hehehe.  Hasil day one di peroleh 3x kecolongan pipis,  1 kali sukses, dan 2 kali kecolongan pup di celana hehe. begitu sore kembali berclodi :D.

Hari kedua, seperti hari pertama per 1 jam bawa rafiq jalan-jalan ke toilet, kali ini tiap ke toilet di bikin agak lama sambil terus di ucapkan kata pipis biar Rafiq mudeng “hoo iki to pipis, pipis e musti di sini” naaah.. idealnya sie gitu :D. dan hari iniiii hasilnya g beda jauh dari hari pertama berhasil 1x pipis di toilet. Tapi tenang bue masih semangat kok de.. demi Rafiq bisa pipis sendiri di toilet .. amiiiin #berdoaMulai.

Mulai dari nyuapin sendiri, minum sendiri, ngambiilin remah2 di karpet mpe minta tambah 😀

Oh iya sedikit cerita hari ini :

– Rafiq udah mulai seneng makan sendiri, bue cukup ngasih tempat makannya lalu Rafiq nyuap sendiri #yaay, meski makannya musti pake tangan :D. gpp kan sunnahnya begitu ya De, makan pake tangan yang penting makannya jadi gampang n banyak ;). Oh iya, klo pake alat makan rafiq udah biasa di minta buat nyuapin ibu atau bapaknya .. meuni sumanget meski belum bisa ngambil makanannya sendiri but still im so proud of you son #cryingBombay

– Udah mulai bisa masukin maenan yang berbentu kayak donat itu ke pasaknya *apa itu nama maenannya ibu lupa :p*

-Tadi pagi sempet ngangkat gelas kaca sendiri lalu nyari ibu minta minum 😀

-waktu hujan turun Rafiq penasaran pengen liat mpe sengaja ke kamar sendirian dan berdiri di bawah jendela hehe mayan lucu juga ngedapetin Rafiq berdiri tertutup gorden, waktu ibu tanya “lagi ngapain de?” Rafiq  nyengir :D.. lucuuuuu

Kebiasaan Rafiq peekaboo di mukena ibu 🙂

-Waktu ibu solat Rafiq ke atas sajadah, lalu angkat tangan ke atas (kayak takbir) terus tangannya narik2 baju, udah gitu pas ibu sujud eh Rafiq ikutan sujud, entah dengan cara dia nungging sampe tiduran telungkup (hihibue ndak khusu noh solatnya malah merhatiin Rafiq, hehe abis mau pegimana? lah di depan mata :D), alhamdulillah moga jadi anak yang soleh ya de .. amini #berdoaMulai :).

dan seperti biasa kegiatan favorit Rafiq klo ibu solat adalah angkat mukena ibu dan sembunyi di dalamnya, klo g ibu liat lama-lama Rafiq bakalan protes dan nangis, tapi klo di ladenin senyumnya subhanallah bikin ibu pengen nyiumin ajah :*

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s